Jumat, 04 Maret 2016

MAKALAH MUSEUM BAGONG



MAKALAH
MUSEUM BAGONG
Makalah ini digunakan untuk laporan hasil studi alam di museum bagong
 
Pembimbing      :
Marthiningtyas Dwi R,A.Md.AK

Disusun oleh       :
Elsa Widya Ningrum (XI-Analis Kesehatan)

SMK KESEHATAN
BHAKTI INDONESIA MEDIKA
KOTA KEDIRI
SEMESTER GENAP
2015/2016








 
KATA PENGANTAR

Denganmenyebutnama Allah SWT yang MahaPengasihlagiMahaPanyayang, Kami panjatkan puja danpujisyukurataskehadirat-Nya, yang telahmelimpahkanrahmat, hidayah, daninayah-Nyakepada kami, sehingga kami dapatmenyelesaikanmakalahtentang “Museum Bagong”.
            Makalahilmiahinitelah kami susundenganmaksimaldanmendapatkanbantuandariberbagaipihaksehinggadapatmemperlancarpembuatanmakalahini.Untukitu kami menyampaikanbanyakterimakasihkepadasemuapihak yang telahberkontribusidalampembuatanmakalahini.
            Terlepasdarisemuaitu, Kami menyadarisepenuhnyabahwamasihadakekuranganbaikdarisegisusunankalimatmaupuntatabahasanya.Olehkarenaitudengantanganterbukasayamenerimasegala saran dankritikdaripembaca agar kami dapatmemperbaikimakalahilmiahini.
            Akhir kata sayaberharapsemogamakalahilmiahtentang “Museum Bagong” untukmelengkapitugasinidapatmemberikanmanfaatmaupuninpirasiterhadappembaca.
   

Kediri, 29 Februari 2016

                        Penulis            












DAFTAR ISI

SAMPUL MAKALAH............................................................................................ i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.   LatarBelakangMasalah............................................................................... 1
1.2.   RumusanMasalah........................................................................................ 1
1.3.   Tujuan......................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1     Lokasi Museum Bagong............................................................................. 2
2.2     Hargatiketmasuk Museum Bagong............................................................ 2
2.3     Macam-MacamZona di Museum Bagong.................................................. 2
BAB III PENUTUP
3.1     Kesimpulan................................................................................................. 5
3.2     Kritikdan saran........................................................................................... 5
LAMPIRAN............................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 7




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.                      Latar Belakang masalah
Museum Tubuh merupakan museum anatomi tubuh manusia yang pertama dan terbesar di Asia (sampai dengan tahun 2015). Museum ini terletak di Jatim Park 1, tepatnya di Jl. Kartika No. 2 kota wisata Batu. Museum Tubuh dibuka setiap hari dengan tiket masuk hari Senin-Kamis Rp. 40.000,- dan hari Jumat-Minggu Rp. 60.000,-.
Bentuk bangunan Museum Tubuh cukup unik yaitu berbentuk manusia berkarakter Bagong, yang merupakan salah satu tokoh wayang. Seperti kita ketahui dalam pewayangan terdapat tokoh empat sekawan yaitu Bagong, Semar, Petruk, dan Gareng. Tokoh Bagong dipilih karena dari empat sekawan dalam pewayangan tersebut, tokoh Bagonglah yang kepintarannya paling menonjol serta cerdik dan lucu. Museum Tubuh selain mengambil filosofi tokoh Bagong juga berperan dalam melestarikan tokoh pewayangan, serta menjaga budaya khususnya adat jawa.
Musem Tubuh memiliki enam lantai yang terdiri dari 13 zone yaitu zone otak, mulut, gigi, telinga, hidung, mata, paru-paru, jantung, hati, usus besar, usus halus, lambung, pembuluh darah, dan tulang. Di Museum Tubuh, pengunjung dapat belajar anatomi tubuh manusia dengan fasilitas multimedia yang modern. Pada setiap zone di museum ini terdapat edukator sendiri-sendiri, sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap. Berada di Museum Tubuh seperti dibawa ke keadaan di dalam tubuh yang sesungguhnya. Misalnya ketika berada di zona telinga, maka pengunjung seperti sudah berada di dalam telinga dengan detil sama seperti nyata. Memasuki pintu keluar museum Tubuh, pengunjung mendapatkan fasilitas untuk cek kesehatan seperti pemeriksaan mata, pengecekkan golongan darah, dll.
1.2.                      Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, saya akan membahas tentang lokasi museum bagong, harga tiket masuk museum bagong,dan penjelasan di setiap zona yang ada di museum bagong.
1.3.                     Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk melengkapi tugas studi alam. Selain itu, makalah ini dibuat untuk dokumentasi hasil pengamatan yang telah dilakukan di museum bagong.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Lokasi Museum Bagong

Museum Tubuh/museum bagong  terdapat di Jl. Oro-oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu atau tepatnya di area wisata Jatim Park 1 tepatnya di Jalan Kartika No. 2.yang memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Museum ini dibangun diatas lahan sebesar 1 hektar dengan bentuk kepala bagong yang merupakan tokoh pewayangan, dan mempunyai 6 lantai dengan barang yang dipamerkan berupa semua organ manusia dari kepala dan isinya, tangan, kaki dll. Tetapi tenang saja museum ini tetap mempunyai konsep fun yang membuat para pengunjungnya masih tetap nyaman dan senang untuk mempelajari atau mencari tahu tentang organ tubuhnya sendiri. Dan tentunya setiap spot dari organ tubuh tersbut dilengkapi dengan guide yang ramah dan tidak segan menjelaskan berbagai keunikan dari organ tubuh tersebut.

Dalam wisata edukasi ini, kita disuguhi segala informasi tentang tubuh manusia yang penuh dengan rahasia. Pembelajaran anatomi tubuh manusia ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Panduan berupa tulisan dan LCD interaktif yang berisi materi serta game tentang zona di mana komputer tersebut diletakkan. Terdapat 13 zona mulai dari Zona Otak, Mulut, Gigi, Telinga, Hidung, Mata, Paru-paru, Jantung, Hati, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, Tulang dan masih banyak zona yang lainnya.

          2.2. Harga Tiket Masuk museum Bagong

The Bagong Adventure Museum Tubuh dibuka setiap hari mulai pukul 8.30 hingga 16.30. Harga tiket masuk untuk hari Senin-Jumat Rp 40.000 sedangkan Sabtu dan Minggu sebesar Rp.60.000. Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut kita dapat menikmati perjalanan wisata seru seakan berada di dalam tubuh manusia sesungguhnya. Jika Anda berkunjung ke museum ini, Anda tidak sekedar jalan dan melihat display yang tertata rapih di meja etalase, namun Anda juga akan diajak untuk melakukan sebuah perjalanan melalui tubuh manusia dan melihat berbagai aktivitas di dalamnya.

            2.3. Macam-macam zona di museum Bagong
            Zona per lantai Museum Tubuh atau Museum Human Body
  • Di lantai satu, zona otak manusia. Di zona ini menyuguhkan gambaran otak manusia yang cukup besar, dengn ketinggian sektiar 10 meter dan lebar 6 meter. Otak ini digantung di atap bangunan.
  • Lantai dua terdapat dua zona gigi, zona telinga, dan zona mulut.
  • Lantai tiga, zona hidung, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, zona hati, zona lambung, zona usus, dan zona ginjal
  • Lantai basement 1 zona zona cinema tiga dimensim dan reproduksi, khusus untuk anak 15 tahun keatas.
  • Lantai Basement 2 adalah zona tulang sendi
  • Lantai top roof adalah ruang periksa kesehatan gratis, mulai mata, gula darah, tekanan darah, dan banyak lagi seputar anatomi tubuh.
Di setiap zona juga disediakan guide yang akan membimbing dan menjelaskan setiap anatomi tubuh di zona-zona yang akan kita lewati. Guide ini diambil secara khusus dari akademi keperawatan, sehingga mereka dapat memberikan jawaban yang sesuai dari setiap pertanyaan kita. Museum ini tentunya sangat cocok dikunjungi bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dokter, perawat dan instansi yang berhubungan dengan medis, baik farmasi dan puskesmas.
Setelah memasuki pintu masuk Museum Tubuh berbentuk mulut Bagong, pengunjung akan menemukan gambaran otak manusia yang cukup besar, dengan ketinggian sekitar 10 meter dan lebar 6 meter. Otak ini tergantung di atap bangunan. Di dekatnya terdapat sebuah kafe berbentuk mulut yaitu Cafe Gigi yang menyediakan beragam menu bagi para pengunjung yang datang.
Di lantai pertama ini kita akan mulai menjelajahi Zona Gigi. Di sini guide akan menjelaskan segala hal tentang gigi mulai dari lapisan gigi, terjadinya karang gigi, terjadi sariawan sampai terjadinya abses. Selanjutnya di Zona Telinga, Anda akan diberi penjelasan tentang segala yang terjadi di dalam telinga. Sedangkan di Zona Hidung akan diperagakan simulasi bulu hidung, bentuk tulang hidung, proses terjadinya bersin, dan bagaimana indra penciuman bekerja.
Di Zona Otak guide akan menjelaskan fungsi otak dan beberapa penyakit otak. Lalu di Zona Mata, pengunjung akan diterangkan tentang lapisan di dalam mata dan juga dilengkapi dengan tes buta warna. Zona selanjutnya, pengunjung akan memasuki Zona Pembuluh Darah yang digambarkan berupa terowongan sistem lapisan darah. Di Zona Jantung pengunjung akan menyaksikan jantung manusia raksasa dan merasakan langsung detak jantung tersebut.
Seperti halnya dengan di Zona Jantung, di Zona Paru-paru pengunjung juga akan dijelaskan bentuk paru-paru. Di sini Anda akan ditunjukkan perbedaan paru-paru yang sehat dan paru-paru yang tidak sehat karena asap rokok atau polusi udara. Di Zona Usus meliputi usus halus, usus besar, gajih, dan usus buntu. Sedangkan di Zona Ginjal akan diterangkan misalnya berapa gelas minimal minuman yang dikonsumsi manusia setiap hari.
Uniknya di The Bagong Adventure juga dilengkapi dengan ruang periksa kesehatan secara gratis untuk para pengunjung. Pemeriksaan gratis itu meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, tensi darah, berat badan ideal, tinggi badan ideal, osteoporosis, golongan darah, kesehatan mata, dan diabetes. Dari lantai top roof ini pengunjung bisa memeriksa kesehatannya sambil menikmati pemandangan Kota Batu dari lantai tertinggi museum.
Selanjutnya pengunjung akan dibawa ke lantai basement 1 Zona Cinema tiga dimensi dan reproduksi, khusus untuk anak 15 tahun ke atas. Di Zona Cinema 3D, mempelajari tentang anatomi tubuh dan proses reproduksi manusia yang ditampilkan secara visual 3D. Sedangkan di lantai basement 2 adalah Zona Tulang Sendi.
Selain zona anatomi, ada juga Zona Exhibition. Di sini pengunjung akan diajak mempelajari simulasi mimisan, simulasi pilek, tempat praktek dokter gigi, simulasi tentang anatomi tubuh dengan sinar X-ray, simulasi trasfusi darah, dan simulasi anatomi dalam tubuh mulai dari kepala sampai paha manusia. Di zona ini pengunjung bisa bermain Bagong Burp tentang proses terjadinya sendawa yang terjadi pada manusia. Di samping itu dijelaskan juga tentang proses pengawetan tubuh manusia dengan metode plastinasi.
Di The Bagong Adventure Museum Tubuh, selain berekreasi setidaknya kita dapat lebih memahami anatomi dan menyayangi organ-organ tubuh kita. Dengan mengetahui gambaran dasar mengenai proses-proses yang terjadi di dalam tubuh, maka kita dapat lebih mudah untuk menjaga setiap organ agar dapat berfungsi secara efektif. Serta melakukan tindakan prefentif agar tidak terjangkit suatu penyakit.



















BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Museum Tubuh The Bagong Adventure ini merupakan satu-satunya Museum di Indonesia dan Pertama di Asia, Wow amazing. Museum ini terdiri dari 6 lantai dan akses ke masing-masing lantai menggunakan LIFT dan Eskalator. Museum anatomi tubuh manusia ini hanya ada 2 di dunia pertama yakni Corpus Museum belanda dan yang kedua adalah The Bagong Adventure Museum Tubuh. Memiliki 16 Zona seperti otak, mulut, gigi, telinga, hidung, jantung, paru-paru, usus, jantung, ginjal, darah, tulang dll. GRATIS pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, mata, berat badan, cek darah, tensi, cek golongan darah. Sangat bagus untuk edukasi. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau sudah dapat pemeriksaan gratis.
3.2. Kritik dan saran
Museum Bagong memanglah wisata edukasi yang sangat menyenangkan untuk kalangan remaja di era modern, alangkah baiknya jika semua orang dapat berkunjung kesini. Namun, ada banyak pegawai di sana yang memang kurang mahir atau kurang ramah terhadap pengunjung. Sebaiknya, pegawai harus memperhatikan sikap mereka.












LAMPIRAN
http://www.malang-guidance.com/wp-content/uploads/2015/06/Museum-Tubuh-Manusia-Bagong-Adventure-Batu-Malang.jpghttp://batuvilla.com/wp-content/uploads/2016/02/museum-tubuh-bagong-adventure.jpgPintu masuk museum Bagong                           Halaman awal Museum Bagong                 







                                                            Zona gigi dan telinga
https://i.ytimg.com/vi/aqs2Dc9wT18/hqdefault.jpghttp://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/07/e1/99/9c/zona-gigi-di-museum-tubuh.jpg











Zona Hidung dan mata
https://ratnaikaporawidya.files.wordpress.com/2015/08/dsc7339.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7nczYfKjDn6CBbo9tF3dWNzeNZH8EHCAiEYYV4zjnMNdMDH7K5ji_jMC-1xMOH4_opNZ4nfsYBVbhjvX_rPXW8WYVTb5fOJzd7eIqmAjonAnMV8dD7YKaaO2ofW_TsMWqejJs1v4_SEy5/s1600/DSC00808.JPG              










Zona jantung dan hati
http://i1.wp.com/priceindo.com/wp-content/uploads/2016/01/Harga-tiket-masuk-Museum-Tubuh.jpg?resize=400%2C264http://siloka.com/wp-content/uploads/2015/04/IMG_7381.jpg                                                                                   









DAFTAR PUSTAKA













 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar